Powered by Blogger.

Trik Cara Agar Kuliah Sukses dan Lancar sampai Lulus Wisuda

Trik Cara Agar Kuliah Sukses dan Lancar sampai Lulus Wisuda - Inilah rahasia penting bagaimana agar kita bisa lancar dan sukses kuliah. Panduan ini tentu saja berlaku buat siapa saja yang ingin sukses kuliah.


Saat menjalani kuliah dan bergaul di kampus pasti ada saja kesulitan yang kita temui. Alih-alih mengganggu proses kuliah, lebih baik berkompromi dengan berbagai ‘racun’ di kampus. Tenang, ada berbagai cara mudah, kok, yang bisa kita lakukan untuk menghadapinya.

Eksis di dunia maya
     Kebiasaan mengakses FB, Twitter, terbawa sampai di kelas dan jam belajar. Sedikit-sedikit maunya scroll timeline ke bawah!  Sulit menyimak materi yang diberikan dosen!

Solusi:
    Jauhkan ponsel atau laptop dari jangkauan kita agar fokus.    Jangan sekali-sekali bikin jadwal 1 jam belajar, 15 menit lihat ponsel--yang ada lamaan liat ponsel daripada belajar! Dengarkan musik dengan earphone akan membantu berkonsentrasi. Biarkan ponsel berada aman di dalam tas kita saat jam kuliah dan pilih duduk di baris depan! Tatapan dosen pasti mengurungkan niat kita untuk melirik ponsel.

Kerja kelompok
    Anggota kelompok ada yang nggak kooperatif, nih. Kita dan seorang teman fokus membahas materi makalah, eh, dia sibuk ngegosip, main ponsel, bahkan pacaran. Ganggu banget!

Solusi:
    Jika memungkinkan, sebaiknya pilih teman-teman yang cerdas atau rajin untuk bergabung dengan kelompok kita. Nggak perlu takut dianggap egois, semua orang pasti akan melakukan hal yang sama, kok. Tujuannya, kan, sama, ingin mendapatkan nilai yang baik.
    Kalau pun apes dapat teman pemalas, bagi tugas sesuai kemampuan. Kita yang mencari bahan, sedangkan dia bertugas mengetik. Tetap adil, kan.

Lingkungan sekitar
    Lagi asyik belajar di kamar kos, tiba-tiba terdengar suara musik super keras dari kamar sebelah. Belum lagi kamar terasa lembap karena pendingin ruangan mati. Bukannya fokus baca buku diktat, kita malah sibuk mengusir nyamuk yang hinggap di badan.

Solusi:
    Kalau malas belajar di perpustakaan, ciptakan ruang yang nyaman agar mood untuk belajar bangkit. Tapi untuk menemukannya, kudu eksperimen dulu, nih. Tes diri kita, lebih cocok di ruangan dengan cahaya temaram atau terang. Lebih suka suhu ruangan yang dingin atau di luar ruangan.

Nah dengan mengikuti saran Trik Cara Agar Kuliah Sukses dan Lancar sampai Lulus Wisuda ini saya percaya temen-temen akan lebih gampang dan fokus dalam menjalani hari-hari kuliah.

0 comments:

Post a Comment